Tutorial Bootstrap #1: Pengenalan Bootstrap

Bootstrap merupakan frameowrk HTML,CSS dan Java Script yang sangat populer untuk mengembangkan project responsive dan mobile di web, responsive web adalah sebuah situs web yang otomatis menyesuaikan diri pada semua perangkat agar terlihat bagus, seperti pada dekstop, mobile dan tablet. Bootstrap adalah framework font-end yang gratis dan open-source yang siapa saja boleh berkonstribusi tehadap perkemabngan framework Bootstrap, yang memberikan kemampuan untuk membuat design responsive dengan mudah. 

Bootstrap mencangkup template design yang berbasis HTML dan CSS untuk typography, forms, buttons, tables, navigation, modals dan lainnya. Bootstrap telah dikembangakan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton dan telah dirilis menjadi produk open-source pada Agustus 2011 pada GitHub, pada Juni 2014 Bootstrap menjadi proyek open-source nomor 1 pada GitHub. 

Ada beberapa keuntungan menggunakan Bootstrap
  • Mudah digunakan, cukup hanya memilik pengetahuan dasar HTML dan CSS, bisa memulai menggunakan Bootstrap
  • Memiliki Fitur Responsive, CSS Responsive Bootstrap dapat menyesuaikan ke desktop, phone dan tablet.
  • Kompatibilitas dengan browser yang paling populer, seperti Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer dan Opera.
Untuk mendapatkan Bootstrap, kita bisa mendapatkannya pada websitenya di https://getbootstrap.com/docs/3.3/ , anda dapat medownloadnya atau menggunakan CDN ( Content Delivery Network).

Jika memilih menggunakan CDN (menggunakan secara online), letakkan syntax berikut pada bagian sebelum </head>.

Dan syntax berikut sebelum tag </body>.

Atau jika memilih untuk mendownload paket Bootstrap (menggunakan secara offline), ikut langkah langkah berikut.

Untuk mengetes apakah bootstrap sudah berjalan atau tidak, tuliskan syntax berikut setelah tag <body>

Jika hasilnya seperti gambar dibawah ini, maka Bootstrap telah berjalan.
Gampangkan !

Selama belajar bootstrap, kita akan banyak menggunakan atribut class dan id, itu mengapa sebelum belajar bootstrap minimal sudah belajar HTML dan CSS dasar, karena nanti akan banyak bermain dengan tag <div>, <span> dan atribut class dan id.

Sekian dulu pembahasan mengenai Pengenalan Tentang Framework Bootstrap, kami minta kepada kalian jika ada kesalahan, kekurangan atau hal hal lainnya, silahkan tuliskan komentar anda dibawah.

Semoga Bermanfaat.

1 Comments