Cara Membuat System Upload File dengan PHP


Pada tutorial kali ini, kita akan belajar PHP mengenai cara kita membuat upload file dengan PHP, PHP disini bukan pembawa harapan palsu ya, tapi PHP bahasa pemrograman. Pada tutorial kali ini kita nggak upload file nya langsung ke Database, namun kita akan upload file nya ke dalam sebuah folder nantinya, mungkin pada tutorial selanjutnya saya akan membuat tutorial upload file ke database, Insyaallah. Karena kita akan pelajari dulu dasar dasarnya ya, yuk kita mulai belajarnya.

Persiapan Dulu...

Sebelum memulai ngoding, ada lebih baiknya kita melakukan beberapa persiapan

  1. Buat sebuah folder dengan nama phpupload
  2. Didalam folder phpupload buat folder lagi bernama uploads dimana pada folder uploads akan menyimpan files yang telah diupload
  3. Didalam folder phpupload, buatlah beberapa files, file index.html dan upload.php
  4. Pindahkan folder phpupload yang dibuat tadi ke folder htdocs bagi yang pakai XAMPP atau yang pakai Linux dan memakai LAMP Server pindahkan ke folder html.
Saatnya Kita Ngoding

Setelah melakukan beberapa persiapan, saat kita mulai ngoding, silahkan buka file index.html lalu tulis syntax HTML seperti berikut.

Perlu Diperhatikan...

Pada bagian tag <form>, kalau diperhatian, ada atribut enctype="multipart/form-data" atribut ini wajib digunakan jika ingin mengupload file, jika tidak digunakan kemungkinan progamnya tidak akan berjalan meskipun syntaxnya sudah benar, berdasarkan pengalaman saya.

Lalu setelah menulis syntax HTML diatas, bukan file upload.php, lalu tulis syntax PHP seperti berikut.

Implementasinya...

Silahkan, buka web browser, kemudian ketikan di URL barnya http://localhost/phpupload/ , lalu tekan enter hasil seperti gambar berikut.


Silahkan klik Pilih File/Choose File, lalu pilih files berdasarkan eksistenti yang dibolehkan, seperti yang ditulis pada syntaxnya, lalu klik tombol "Upload", jika berhasil upload filenya maka akan tampil notifikasi atau pesan seperti gambar berikut.








Maka file yang telah diupload telah berhasil diupload dan telah tersimpan pada folder Uploads, pada kasus ini saya mengupload sebuah file berupa photo dan telah tersimpan pada folder Uploads dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Demikian tutorial cara membuat system upload file dengan PHP, kami minta pada kalian, jika ada kesalahan, kekurangan silahkan tuliskan komentar anda pada kolom komentar dibawah ya, Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »